Wednesday, July 25, 2007

KARENA KITA BERBEDA…(Kado 2)

Dua insan dari ‘planet’ yang berbeda bertemu dalam satu ‘wadah’, apa jadinya? Susah gak ya? Hal ini jadi sesuatu yang gak pernah habis untuk dibahas, banyak buku ‘n diskusi yang digelar tentang hal ini. Misalnya aja “Man from Venus, Girl from Earth” (eh..yang ini aku belom baca loh..Cuma diceritain aja..)

Yang pasti, harus ada saling memahami antara laki-laki dan perempuan (baca: suami – istri). Saling mengetahui perbedaan masing-masing akan sangat membantu. Liat aja perbandingan di bawah ini :
Laki-laki : Cenderung menggunakan logika, Menganggap penting keahlian, Berpikir menyelesaikan masalah, Merasa dicintai jika dipercaya, Meringankan beban dengan diam, Kurang suka ungkapan verbal.
Perempuan : Cenderung menggunakan perasaan, Menganggap penting kebersamaan, Memberi nasihat tanpa diminta, Merasa dicintai jika diperhatikan, Meringankan beban dengan bicara, Suka ungkapan verbal.

Yang lain lagi, Batas ambang rasa aman terhadap masalah pada laki-laki lebih tinggi dibandingkan pada perempuan.

Karena beberapa perbedaan itu, ketrampilan komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh masing-masing. Bahkan sebuah survey membuktikan (wah..kuis banget…!) bahwa 70% permasalahan rumah tangga disebabkan oleh kegagalan berkomunikasi. Kegagalan berkomunikasi ini bisa disebabkan oleh beberapa factor, antara lain kultur, pemahaman dan ketrampilan.

Yup, menikah emang harus diawali dengan kesadaran bahwa kita beda ‘n dengan menikah kita sedang bersepakat untuk mempertemukan 2 pemikiran, 2 sudut pandang, 2 karakteristik, 2 kebiasaan, 2 keluarga besar dan 2 kebudayaan. Siap nikah berarti siap menerima perbedaan. Siap menerima perbedaan ini juga harus dibarengi dengan kemauan untuk berubah, keinginan untuk mengenal lebih jauh, siap menerima pasangan apa adanya, dan kesiapan untuk mengorbankan kepentingan pribadi demi mengedepankan kepentingan dan kebutuhan bersama.

No comments: